hello

hello

bio

Monday, March 18, 2013

renungan malam : kamu udah punya kebiasaan baik belum?

hai, ini untuk pertama kalinya faroh nur alfani's blogpage menyediakan renungan malam. sebenarnya sih ya, cuma mikir aja. akhir akhir ini banyak kebiasaan baik yang pengen aku ciptakan untuk diri sendiri gagal.

yang pertama, aku berusaha biasain ngunyah lambat. karena aku makan cukup cepat dan lahap, aku seringkali deg-degan habis makan. apalagi kalau udah kenyang kali. jadi aku awalnya berusaha untuk ngunyah lambat dan mempersedikit makan. yah, lumayan tahan cukup lama. tapi ujung2nya aku lupa. aku lupa kapan aku lupa (?) yang jelas, kebiasaan itu jadi hilang.

yang kedua, aku biasain minum susu. karena males bikin, aku suka minum susu coklat kotakan. tapi kebiasaan ini bentar aja kok. susu kotak mahal, satu kotak 4000. jadi, berhenti.

yang ketiga, aku biasain bawa sapu tangan. karena aku sering batuk dan bersin, juga ingusan, juga hidung gatal, juga kadang kadang keringatan. aku udah beli tiga sapu tangan untuk dibawa tiap hari. tapi, sejak adek aku baru lahir, eh sapu tangan itu jadi untuk ngelap ngelap dia. otomatis sapu tangan aku lenyap, jadi kebiasaan itu gagal.

yang keempat, aku biasain bersihin muka malam. ini...kalau soal muka memang susah. aku sering kali bikin kebiasaan untuk rutin bersihin muka, make obat jerawat. muka aku kalau udah gak dibersih-bersihin, pasti jerawatan. dan iya, karena kebiasaan ini gak kunjung berhasil, sekarang aku jerawatan. kalau udah jerawat, baru buru-buru biasain lagi.

ini cuma sedikit. kalau semuanya sih aku malah curhat. kalian juga pernah kayak gini?

kalau diliat, itu cuma hal kecil yang harusnya gak perlu difokus fokusin banget buat ngelakuinnya. tapi kenapa kita sering gagal ya?

alasan utama gagalnya sih pasti karena kita gak disiplin. aku sih emang gak disiplin orangnya. padahal, tubuh kita itu bakal ngontrol sendiri tanpa disuruh loh kalau udah ada kebiasaan. misalnya, kalau kita hari ini bangun tidur jam 5. insyaAllah, besoknya bangun jam 5 juga. kalau udah 3 hari bangun jam 5, bakal terus-terusan bangun jam 5. kecuali...kalau ternyata malam sebelumnya udah kecapekan parah, baru deh bisa telat bangun.

untungnya, aku masih punya kebiasaan kebiasaan baik. kayak...makan teratur. aku karena udah dibiasain dari kecil makan tiga kali sehari dengan nasi, aku jadi kebawa sampai sekarang. kalau cuma makan dua kali atau belum ada makan nasi seharian, pasti risih. kalau udah jam jam nya makan tapi belum makan, pasti risih. aku pernah diketawain mama gara-gara ini :

" dek, makan kita lagi? " mama aku ngajak makan. 
" nggak ah, belum lapar. " aku memang belum lapar waktu itu. 
" belum lapar ya? " 
" iya. eh, jam berapa sekarang ma? " 
" jam 2. " 
"eh, lapar lah. "

karena itu jam 2, harusnya kan aku udah makan. jadi walaupun lapar nggak lapar, kalau udah jamnya, aku pasti makan. hehehe. insyaAllah lah aku terhindar dari maag. amin amin. katanya sakit banget sih...

abis itu, kebiasaan baik aku kalau mau pergi pamit dulu ke semua orang dirumah. mungkin kalian juga punya kebiasaan ini. sampai sekarang masih salim mama dulu. apalagi kemarin, pas rumah ramai sama saudara. terpaksa salim ke semuanya. gak tau ya, kalau pergi nggak pamit itu, rasa rasa bakal kecelakaan diperjalanan. hahaha, mungkin gak ada yang doain "hati hati" kali ya :p

hmm..mungkin itu aja yang aku ceritain. kalian kebiasaan baiknya apa? ayo ayo, tambah kebiasaan baik dari sekarang. ini aku kasih daftar kebiasaan kebiasaan baik yang kecil kecil aja, kalau berhasil, pasti jadi orang yang baik juga ;;)

DAFTAR KEBIASAAN BAIK

1. ngucapin terimakasih dan maaf
2. pamit sama orang tua
3. pakai deodorant, hand body, bedak dll sebelum pergi kemana mana
4. makan pelan pelan
5. sarapan!
6. ngejemur handuk.
7. berhenti ngemil. makan buah. minum jus.
8. pulang sekolah langsung mandi
9. pakai jam. bawa sapu tangan. bawa kacamata. bawa dompet. (yang perlu aja)
10. senyum :):):)
11. bersihin muka. 
12. makan teratur.
13. banyak minum air putih (ini tersederhana sekaligus paling susah)
14. gunting kuku. jangan sering sering kukunya panjang! jangan gigit kuku!
15. nutup pintu pelan pelan. berhenti ngelempar2 barang, nge slide barang. letak baik baik.

banyak, banyaaakk sekali kebiasaan baik yang kecil kecil yang bisa dilakuin. 15 diatas itu kecil kecil kan? yang menurut aku berat itu ya.. nomor 11, nomor 6, nomor 13, nomor 8 hahahahaha. mungkin ada juga dari kalian yang udah terbiasa 15 ini kan? bagus bagus. kalau gini terus, otomatis tubuh kita juga terbiasa disiplin.  semoga bermanfaat ya posting kali ini, sekali sekali :$ kita sama sama belajar disiplin :$
hahaha selamat malam semuaaa ;)

No comments:

Post a Comment

jangan lupa kasi komen yaa kakaaaa :3