music is in you, isn't it?

halo! selamat datang kembali, atau selamat datang bagi yang pertama kali datang. makasih yang udah luangin waktunya kira kira beberapa menit untuk kita ngobrol bentar. gak perlu kopi gak perlu surat cinta, cuma megang gadget sambil tiduran, dan kita bakal ngobrol tentang : musik! :D


sebenarnya ini tema yang cukup mainstream, mungkin setiap hari kita bakal cerita tentang musik dengan temen temen kita. misalnya kalau lagi di mobil sama temen, pas radio ada muterin lagu bagus nanti kita bakal cerita "ih ini lagu barunya justin bieber loh!" atau "lho, kok dia nyanyi lagi? bukannya kemarin hamil?"
yah begitulah, kadang juga bisa obrolan kritis sama temen temen kita misalnya "dulu lirik lagu band ini bagus, sekarang kok jadi gini? " "ini sih autotune nya berlebihan" dan sebagainya.

sebagai anak muda, kita itu udah jadi pemerhati musik yang paling handal. yang paling dipercaya oleh hampir semua stasiun tv, semua stasiun radio, majalah dan media publikasi lain kalau masalah permusikan. kita itu target pasar! anak muda lah yang tidur sambil dengar radio, anak muda lah yang nari cuci cuci jemur jemur di acara musik. kalau orang tua sih tau yuni shara ada lagu baru aja mungkin udah syukur. kalau mama aku sih, dia lebih mending ganti ke channel gossip kalau aku udah nonton acara musik. waktu aku liat ashanty promo single baru, mama pasti bilang "lho, dia udah sembuh?"


tunggu, pemerhati musik yang paling handal? gimana ceritanya? perasaan aku juga ga pernah sekolah musik atau ikutan idol group deh.


yap, tentu aja. music is in us! kita nggak sadar kita itu udah ahli banget dengan musik, karena musik itu ada di diri kita. musik adalah teman, musik adalah penyatu teman dan teman, bahkan pasangan dan pasangan. musik itu multifungsi. aku sendiri yang seneng banget denger musik, kayaknya gak bisa sehari aja nggak dengerin musik. ini dia sahabat aku kalau lagi dengerin musik :

namanya philip, hadiah dari beli handphone :""> 

cuma ini cd yang aku punya :')

kita terbiasa dengan telinga yang dimanjakan oleh musik musik yang kita sukai, sampai akhirnya kita punya selera musik sendiri. kita yang tahu, musik apa sih yang asyik buat kita?


fani, sebenarnya aku nggak tahu musik yang asyik itu apa...


weits, nggak mungkin. musik yang asyik itu adalah musik yang bikin kita enjoy pas ngedengerinnya. mostly, i enjoy music by songs. karena bagi aku, lagu itu punya beberapa unsur :
- instrumental
- vokal
- lirik
- cara penyajian

sorry agak ngawur dikit, but i think you'll agree. kalau misalnya salah satu unsur dari lagu itu udah ada yang enak ditelinga kamu, pasti kamu suka. kayak lagunya coldplay, aku suka sama instrumental nya. atau demi lovato dengan vokalnya yang beuuuhh. lirik lirik lagu peterpan yang sampe sekarang gak bisa dilupain. atau cara penyajian lagu snsd yang bikin aku gak pernah bosan nonton mv nya. setuju kan? :))

aku adalah orang yang nggak terlalu neko neko dalam nikmatin musik. aku orang yang paling nerima musik yang masuk ke telinga aku. dari modern sampe tradisional, dari western sampe k-pop, solo sampai idol group, metal progressive sampe swing, ga ada masalah. semua bisa aku nikmatin. kecuali satu :

liriknya jelek.

iya. unsur lirik. aku gak akan bisa suka lagu yang di liriknya ada kata kata yang bukan informal lagi, tapi anti-formal dan malah asal asalan. kayak "kamu nggak bbm aku. bbm aku di read aja", "aku sayang kamu, kamu sayang aku, kita sayang sayangan". astaga, bahkan kakak kakak jualan baju lebih enak didenger daripada itu. semacam nggak ada kosa kata lain, padahal udah ada berapa jilid sih kamus besar bahasa indonesia kita?

exactly. if your words fail, music speaks. but would you listen if the music uses fail words?

dari indonesia sih yang aku seneng banget sama liriknya, seperti yang aku bilang tadi. peterpan.

bukan noah. peterpan.

ini dia album yang including SEMUA lagu peterpan yang PALING aku suka. this album is soooooooo cooooool!!

banyak yang ngeluh lirik-liriknya susah dimengerti. itu dia magicnya. kalau kalian gak bisa mengerti arti sebuah lirik lagu, berarti kalian belum dapat magic dari lagu tersebut. berlaku juga di lagu lagu kayak lagunya wsatcc, dan banda neira :D
magic? ah gak perlu berguru sama deddy corbuzier atau nonton Now You See Me 4 kali, cara ngerti lirik yang paling mudah itu adalah dengan merasakan isi dari lagu tersebut. terkait dengan quote yang sering kita baca : "when you are happy, you enjoy the music. but when you are sad, you understand the lyrics"

benar?:>

nah, bagi aku, lagu yang asik itu adalah lagu yang memenuhi 4 unsur yang aku sebutin tadi. instrumentalnya enak, vokalnya keren, liriknya serasa pengen dibikin tweet terus saking bagusnya, dan cara penyajiannya bikin gak bisa kedip, apalagi sampai bikin gak bisa napas. jadi siapa yang bisa nyiptain musik yang asik bagi aku? ah kalian pasti udah tau.


Adele



ini dia, pemusik paling sempurna yang pernah aku temuin. instrumental lagu lagunya itu udah kayak bikin genre baru, genre "Adele". sampe sekarang aku gak pernah nemuin penyanyi yang musiknya itu kayak Adele. belum lagi vokalnya itu udah kayak one in a million, gak terlalu berusaha kayak nembak nembak high notes or anything else tapi bikin merinding. teknik vokal yang aku bilang kayak orang kesurupan, kalau udah nyanyi itu lupa kalau lagi hidup dibumi. dia kayak lagi dansa sama lirik lirik lagunya di alam gaib. lirik lagunya juga luar biasa, gak ada yang asal asalan. mungkin udah terlalu sering aku kutip di tweet atau blog. cara penyajiannya? ah, sungguh memanjakan telinga. dia cuma duduk, nyanyi, penontonnya diam dan nikmatin. she doesn't make music for eyes, but for ears. priceless.
dan yang terpenting, dia gak pake autotune! hahahahaha +10000000000!!

nyanyi lupa daratan. gooosebumppsss

nah, itu dia musik yang asyik buat aku. jadi masih bingung, gimana sih musik yang asyik buat kalian? tentu aja, masih dengan peraturan awal, kalau kalian enjoy dengan musik itu, berarti itu musik yang asik buat kalian! :D entah kalian enjoy karena "gilak instrumentalnya nenangin banget!" atau "aaah liriknyaaa aku bangeet" atau "suaranya ituloh, cetar membahana" atau "aku suka banget sama dance nya! mukanya imut pula! ", it's up to you. because music is in you, isn't it?:)


posting ini diikut sertakan dalam Lomba Menulis Blog "Musik yang Asik" yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger dan bekerja sama dengan Langit Musik 
bismillahirrahmanirrahim, doakan aku yah :D


pic sources :

Comments

Popular posts from this blog

roman picisan

don't judge me if you don't know me

kepada mimpi.