hello

hello

bio

Friday, August 15, 2014

Kenapa sih PPSMB itu penting?


PPSMB atau Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru, adalah serangkaian acara yang ditujukan sebagai media penyambutan dan pengenalan mahasiswa baru akan lingkungan perkuliahan yang mereka hadapi.  PPSMB akan membentuk mahasiswa-mahasiswa baru Gadjah Mada yang siap mental untuk bertempur di gala perkuliahan nantinya. Banyak sekali rangkaian acara PPSMB yang dapat mendukung kesiapan seorang mahasiswa baru UGM. Mahasiswa baru akan dikenalkan dengan  lingkungan baru dan teman-teman baru. 

Tapi, mungkin terdengar beberapa keluhan dari gamada gamada sekalian yang enggan mengikuti kegiatan PPSMB. “aduh, banyak banget tugasnya.”, “nggak ikut PPSMB nggak apa kan? Males capek-capekan.”, dan lain lain. Bener nggak sih, kata temen-temen itu? Apakah PPSMB itu penting?

Jawabannya YA, PPSMB itu sangat penting. Saking pentingnya, kalau ada temen-temen yang berhalangan hadir dan mengikuti kegiatan PPSMB ini, teman-teman WAJIB untuk mengikuti ulang tahun depan. Kebayang dong, betapa pentingnya acara ini?

Tapi apa sih yang bikin penting? Apa Cuma perkenalan? Perkenalan kan bisa aja kita dapetin selama kita kuliah nanti. Empat tahun kuliah, palingan nanti juga kenal sendiri.

Tentu saja pemikiran seperti itu salah besar. Mau tau kenapa?

Berikut aku jelaskan alasan kenapa PPSMB itu penting.

1. Tak PPSMB, maka tak sayang

Seperti kata pepatah, “Tak kenal maka tak sayang”, begitu jugalah dengan PPSMB. Tak PPSMB, maka tak sayang. Karena, PPSMB adalah ajang pengenalan seluruh lingkungan baru yang akan gamada dapatkan saat nanti berkuliah di UGM. Seperti sebuah produk makanan atau minuman, kita harus tahu apa saja komposisi didalamnya baru merasa aman untuk mengonsumsi produk tersebut. Begitu juga dengan PPSMB. PPSMB mencakup segala komposisi perkuliahan yang akan dijalani oleh gamada. Bertemu teman-teman baru, bertemu kakak-kakak tingkat baru, dan mengenali kampus yang akan jadi langkah awal kesuksesan gamada nantinya. Belum lagi perubahan status dari seorang “siswa” menjadi “mahasiswa” memberikan konsep-konsep pembelajaran yang berbeda pula dibanding yang sudah gamada enyam selama 12 tahun belajar menenteng status ‘siswa’. Di PPSMB, mahasiswa akan dikenalkan dari fakultas ke fakultas, jurusan ke jurusan, organisasi-organisasi, yang pastinya semuanya itu berbeda dengan apa yang ada di sekolah menengah. Dengan acara pengenalan yang sudah dikemas sedemikian rupa oleh panitia PPSMB yang luar biasa, para gamada akan mengenali kampus impiannya secara utuh, dan tentu saja, menyayangi dan mengabdi sepenuh hati pada almamater baru mereka ini.

PPSMB PALAPA 2012

2. Don't judge gamada before PPSMB

Ini adalah hal yang paling penting, karena PPSMB tidak hanya berguna untuk perkenalan belaka. Tetapi jauh lebih besar daripada itu. PPSMB  berperan besar dalam memotivasi para gamada yang baru saja lulus SMA dan mungkin masih tidak peduli dengan hal-hal disekitarnya. PPSMB memiliki tujuan utama yaitu membangun mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang utuh yang memiliki karakter:
1. Berkualitas 
Menumbuhkan budaya akademik yang menunjang pengembangan kejujuran, tanggung jawab dan kematangan pribadi/kedewasaan sebagai mahasiswa dan tangguh sebagai bangsa Indonesia yang berbudaya dan beretika berlandaskan nilai-nilai Pancasila.
2. Manusiawi 
Mendorong mahasiswa agar memiliki motivasi kuat, abadi untuk berjuang serta berkorban untuk membangun dan mempertahankan kehormatan dan martabat.

PPSMB PALAPA 2013

3. Bermartabat 
Mengembangkan mahasiswa sebagai pemimpin muda yang berkarakter kebudayaan dan berdaya saing global.

Belum lagi PPSMB memiliki nilai-nilai tersendiri yang berupa pesar-pesan moral yang akan disampaikan kepada gamada, yaitu :
- Tanggung jawab keilmuan
- Keakraban
- Kemanusiaan
- Cendekia
- Ketuhanan
- Nasionalisme
Nilai-nilai itu sekaligus menjadi modal utama gamada untuk kehidupan barunya sebagai mahasiswa maupun nantinya setelah lulus dari universitas terbaik dan terbesar di Indonesia ini. Universitas Gadjah Mada tidak akan mencetak lulusan-lulusan abal-abal yang tidak kompeten nantinya di dunia kerja. Universitas Gadjah Mada juga tidak akan mencetak lulusan-lulusan yang tidak mau peduli sama sekali dengan tanah airnya. Di PPSMB lah, para gamada mendapatkan semangat-semangat untuk terus berkontribusi dan produktif sebagai jiwa seorang generasi muda. Para gamada akan dibukakan matanya akan hal-hal baru yang menantang kehidupan didepannya, dan tentu saja mereka sudah tidak sama lagi dengan titel ‘anak SMA’ yang selama ini dipegangnya. Don’t judge gamada before PPSMB, because you will see the real them and how powerful they are if they realize it. Itulah yang akan ditanamkan para kakak-kakak tingkat PPSMB yang luar biasa.

3. PPSMB kita teguh, bercerai kita runtuh

Dalam PPSMB, hal yang paling diutamakan dalam rentetan kegiatannya sebagian besar adalah tentang kerja sama. kegiatan-kegiatan PPSMB dibentuk sedemikian rupa sehingga para gamada digabungkan kedalam kelompok-kelompok dan harus bekerja sama dengan baik didalamnya. Hal ini yang mendukung dua poin diatas, perkenalan dan pembentukan karakter. Bekerja sama dalam suatu kelompok yang berisikan orang-orang baru memaksa gamada untuk mengenal rekan-rekan kelompoknya dan berusaha sebaik mungkin menyatu didalamnya. Hal ini sangat efektif untuk menjadi wadah perkenalan bagi gamada-gamada yang berasal dari seluruh Indonesia maupun penduduk lokal. Semuanya secara acak akan disatukan, dan membentuk suatu kesatuan yang menciptakan kekompakan dan semangat. 

PPSMB 2014 (COMING SOON)

Semua kegiatan berkelompok itupun secara tidak langsung akan memberikan efek positif bagi pembangunan karakter gamada itu sendiri. Ia akan lebih kooperatif, lebih solid, dan sifat-sifat lainnya yang mampu membuat gamada lebih kompeten di hari yang akan datang. Begitulah PPSMB mengajarkan betapa pentingnya bekerja sama, karena dengan PPSMB kita teguh, bercerai kita runtuh.

Tiga poin diatas menjadi alasan kenapa sih, PPSMB itu penting banget dan tidak boleh untuk dilewatkan. Saya sendiri sebagai gamada tidak sabar untuk merasakan begitu banyak manfaat yang akan diberikan PPSMB nantinya. PPSMB akan mengukir mahasiswa-mahasiswa baru yang aktif, kompeten dan terintegritas, dan tentu saja, kontributif bagi bangsa dan negara. Hidup Mahasiswa Indonesia!

sumber :
http://ppsmbpalapa.ugm.ac.id/
Guide Book PRISMA PPSMB FAKULTAS TEKNIK 2014
http://navilatulula.wordpress.com/2012/09/01/ppsmb-ugm-2012-palapa-2/
http://www.cahyogya.com/2013/09/kisah-dibalik-ppsmb-palapa-ugm-2013.html