hello

hello

bio

Thursday, September 8, 2016

Oh, God. I want to learn everything in this world


Learning never exhausts the mind.
- Leonardo da Vinci
Learning never exhausts the mind.
Read more at: http://www.brainyquote.com/quotes/topics/topic_learning.html
Learning never exhausts the mind.
Read more at: http://www.brainyquote.com/quotes/topics/topic_learning.html

Halo halo hai! Sudah sebulan lebih ya aku ngga nulis. Target satu bulan satu tulisan aja rasanya susaahh banget terpenuhi, apalagi sambil menunaikan kewajiban nulis lain serta kesenangan nulis chat buat kalean kalean semua. Ea. Seperti biasa, sebenarnya banyak yang ingin aku ceritakan. Tapi, mood nulis ku yaa selalu di jam-jam segini. Sebut saja, 7 September 1.56 AM. Jam-jamnya orang buat bobok, ngedota, atau belajar.

Ngomong-ngomong soal belajar, pasti temen-temen udah nggak asing dengan kegiatan ini. Iya, nggak asing banget. Bawaannya pengen kabur dan menghindar. Kalo bisa, ngga usahlah ya belajar. Langsung pinter aja. Sama. Aku juga pengen gitu. Kalo udah ngebicarain konteks ‘belajar’ dalam kehidupan akademik, pasti sebagian besar dari kita ngerasa…ng…sedikit…males. Most of times ngebosenin. Pemandangan biasa yang aku temui kalo aku lagi ngampus adalah mahasiswa-mahasiswa yang lagi nunduk ngeliatin gadget diam-diam, tidur, ngobrol, dan sebagian kecil yang mencatat. Aku juga gitu, kok. Tapi, apa selamanya belajar itu membosankan?



Menurut KBBI, belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Kalo secara definitif, ternyata banyak yang sudah mendefinisikan apa itu belajar. Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat (Wikipedia). Ya, kita sendiri tanpa dijelasin udah tahu ya apa itu artinya belajar. Tapi disini, aku pengen bahas ‘belajar’ yang mengasyikkan. Yaitu, belajar yang bener-bener datang dari diri kita sendiri.