Posts

Showing posts from August, 2015

berkaca dari diri orang lain

Image
“terimakasih kepada orang orang jahat yang membuatku menjadi merasa baik, terimakasih kepada orang orang baik yang membuatku ingin menjadi lebih baik lagi.”
Kata kata itu bukan dari siti khadijah, isaac newton atau siapapun. Itu berasal dari aku sendiri. Yeay me! Semacam narsisisme luar biasa ngutip dari kata-kata sendiri. tapi setidaknya, itu adalah kata-kata yang aku pake kalo kebutuhan sabar lagi meningkat. Ngeliat beberapa orang yang...yah...begitulah. orang orang yang prilakunya udah kayak sinetron, atau malah saking absurdnya, khayalan para sutradara pun ngga bisa mengalahkan ciptaan Tuhan seperti dia.
Berkaca dari diri orang lain. Agak ganjal sebenarnya. Biasanya kita punya istilah “berkaca pada diri sendiri”, “introspeksi diri”, yah, semacam itu. Maksud dari introspeksi diri itu adalah kita memikirkan kembali, apasih kekurangan kita, kelebihan kita, kapan kita bejat dan kapan kita malaikat. yaa, tanpa dijelasin juga temen-temen pasti pada udah ngerti.
Tapi sadar nggak sih. Da…

Solved by the engineers!

Image
Halo. Perkenalkan, namaku Fani. Aku adalah seorang mahasiswa teknik. Tepatnya, aku adalah mahasiswa jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Saat membulatkan hatiku sebagai ‘mahasiswa teknik’, aku sudah tahu apa-apa saja yang akan aku temukan. Karena ‘Teknik’ bukan sekedar nama fakultas. Bukan sekedar nama jurusan. Tapi sebuah prinsip kehidupan.

Kenapa sih, aku bisa berkata demikian? sebenarnya simple. Menurutku, dibalik kuliah teknik yang super berat itu, bagian yang paling menarik dari menjadi mahasiswa teknik adalah tujuan utama dari ilmu keteknikan itu sendiri. to solve problem.



Exactly, menurut wikipedia, Teknik atau rekayasa (bahasa Inggris: engineering) adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Wow, mulia sekali, bukan?  Ahli pada bidang keteknikan atau biasa disebut dengan istilah “engineer (in indonesia : insinyur)” sudah menyelesaikan berjuta-juta masalah yang ada pada kehidupan manusia. Telep…