Posts

Self-Esteem

Image
23.12 20/04/2019

Hai, para kolega. Mataku berat, aku ngantuk. Sepertinya aku akan cepat.

Tiga hari ini di klaim sebagai libur panjang. Oleh karena itu banyak pegawai-pegawai kantoran yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berlibur dan/atau bertemu keluarga, pergi ke luar kota. Tapi, liburan yang aku pilih adalah ansos maksimal di kosan. And i love it so much.

Hari ini mungkin hari ter-ansos ku selama 2 bulan terakhir. Bener-bener di kosan doang, kecuali  ke warung buat beli aqua 1.5L dan es jeruk buat ibu depan kosan. Aku yang 3xtr0verT ini kan tida tahan di kosan saja. But I did it. Bertahan dengan 4 donut j.co, french fries burger king size reguler dan mie ayam. I should give myself a medal.

Jadi aku ngapain seharian ini? Hari ini aku mencoba mengulangi masa-masa kejayaanku berkarya. Bikin cover, editing, nulis dll. Hari ini aku mengupload cover baru, judulnya 'lovely' dari Billie Eilish. Aku lagi suka-sukanya sama Billie Eilish. Harap maklum.

Aku mau cerita sedikit tentang …

Ready To Change

Image
Ini bukan postingan klarifikasi

Hai, teman-teman. Too early to come back and write, right? But maybe I need to do this more often.
Beberapa hari lalu, suatu hal yang mengagetkan terjadi. Aku ngepost suatu puisi di Instagram stories,  dan tak dinyana ada buanyak banget dm yang masuk. Kalian kaget, aku lebih kaget. Aku panik, gila kok banyak banget yang ngerespon. Aku memutuskan untuk ngga membalas semuanya. 
Iya. Itu cincinku. Puisi itu adalah tentang 'komitmen'-ku. Tapi...tidak "se-"serius"" (itu lho sampe petiknya dobel) itu. Iya, ada rencana ini dan itu. Iya, ada yang dibatalkan. Tapi, tidak "se-"tragis"" itu. Namanya juga puisi, gaes. Puisi itu menceritakan tragedi 12 kali lebih dahsyat daripada kenyataannya. Jadi, apapun interpretasi kalian, silakan dibagi dua belas.
Jadi puisi itu benar atau bohong? Sebagian besar benar, tapi..tidak se-tragis yang kalian bayangkan. (tapi tetep stress juga sih)
Postingan apa sih? Yha karena saya ter…

Mati atau Bersenang-senang

Image
Ini adalah dilema setiap rakyat usia 20-an.
--- Memasuki usia 20, banyak istilah-istilah baru yang menghampiri hidupku. Millenial, quarter-life crisis, dll. Aku semacam masuk ke sebuah "geng" baru di kehidupan sosial--geng "millenials". Aku dan masyarakat berumur 20-an lainnya disatukan, digeneralisir dan dicap memiliki sejuta kesamaan karena kami berada dalam satu geng tersebut. Jadi apabila kamu membaca ini dan kamu juga millenials, wah, kita satu geng!
 Meskipun kita ngga sama sama banget, tapi aku rasa kita punya dilema yang sama terhadap screenshot tweet yang aku tampilkan diatas. Berada di antara " aku ingin menghemat uang " dan " hidupmu cuma sekali " . Dilema ini semakin parah ketika kamu sudah punya penghasilan tetap. Aku ingin begini, aku ingin begitu, aku ingin ini itu banyak sekali. 
Aku sering banget bilang ketika kita punya uang, kita ngerasa punya "power". For me : yes, money can't buy happiness, but it gives you po…

Fani dan Rasa Takut

Image
Setiap hari merasa takut, tapi apa sudah merasa kenal dengan rasa takut itu sendiri?
Aku takut. Fani takut. Aku takut.
Aku sering sekali mengucapkan kalimat-kalimat tersebut, entah kepada teman atau ke diri sendiri. Seakan-akan ketika telah mengucapkannya, dia mereda. Mungkin bukan aksi pengucapannya yang membuat dia mereda, tetapi umpan balik yang aku dapatkan setelah mengatakan itu :
Tidak apa-apa.
Kalimat diatas menjadi kalimat tersering kedua setelah ‘aku takut’. Tidak apa, tidak apa. Semua akan baik-baik saja. Apalagi akhir-akhir ini aku ditenangkan dengan lagu dari Kunto Aji berjudul rehat. Liriknya seperti ini :
Tenangkan hati Semua ini bukan salahmu Jangan berhenti Yang kau takutkan takkan terjadi.
See? Banyak penakut lainnya ternyata, tidak hanya aku. Apakah aku bisa sedikit lega? -- Aku memang sering merasa takut. Terlebih-lebih setelah kejadian ‘waktu itu’--ketika setiap hari aku diselimuti oleh rasa takut yang dahsyat, benar-benar setiap hari tidak ada berhentinya. ‘Waktu itu’…

What Can You Do In One Month

Image
Satu bulan. Singkat atau lama?
Satuan yang menunjukkan rentang waktu sekitar 28-31 hari. Insyaallah anak SD juga udah tau itu, karena denger-denger untuk masuk SD aja syaratnya udah harus bisa baca. Kasihan mereka.
Bukan. Aku bukan mau cerita itu.


Memulai doang? Kelarin engga?

Image
Tanggung jawab, mas!


Hayo itu apa maksudnya.


Haloh haloh! Selamat datang di kehidupanku. Wacana nulis udah kayak berabad-abad yang lalu sepertinya. Akhirnya ada waktu yang dipaksakan tepat untuk duduk diam, menyesap coklat panas dan mencoba berbicara dengan anda anda sekalian. Sebenarnya aku udah ada banyak tulisan yang minta diluncurkan, apa daya saya kok nggak pede ya? Kalian suka hal-hal yang eksplisit atau personal ngga sih? Seneng bicarain hal yang sensitif? Haduh, takut tubir. Please tell me more what do you want to read. Biar bisa ada motivasi buat rutin nulis ahahaha.

Jadi, hari ini mau bicarain apa?
Sedikit cerita, sekitar sebulan terakhir aku baru saja mendapatkan suatu lingkungan bar...
--  Sumpah yah, susah banget nulis setelah sekian lama engga.  Daritadi yang kulakukan adalah mencari pelarian dengan mainan HP dan makan karena susah banget nyari kata-kata yang enak. Yaudah kita coba lagi ya :" Fokus Fani, fokus :"
*ketik* *hapus* *ketik* --
 Pernah nggak sih kalian nge…

Tukang Nulis Tidak Suka Baca

Image
Jujur aja, aku nggak suka baca


Disclaimer : "baca" disini artinya membaca buku, ya.
Btw, selamat hari kemerdekaan Indonesia yang ke 73!! Tulisan ini sekaligus untuk merayakan dan mendoakan Indonesia agar merdeka dari rendahnya tingkat literasi masyarakat.
----
Sebagai penulis, aku malu banget mengakui itu. Mungkin semua rekan penulis lain bakal ngelemparin aku pakai botol kosong dan menyoraki kelemahan (kemalasan)ku itu. Iya, aku nggak suka baca. Dan rasanya itu aib sekali. Seperti yang kita ketahui, tingkat literasi mencakup membaca dan menulis. Cuma nulis doang? Mungkin aku adalah salah satu penyumbang angka rendah pada tingkat literasi Indonesia.
Sekarang, ketika kalian membaca ini, coba tanyakan ke dalam diri : " Aku suka baca nggak sih? ". Apa buku terakhir yang dibaca? Apakah kalian adalah temanku? Si tidak suka baca? Ayo berkenalan dan coba baca blog-ku ini.
Tentu saja ketika kita tidak suka membaca, banyak sekali kerugian yang kita dapatkan. Misal, kerugian…