Review Adele 25

Jadi ceritanya...




YHAAAA..SAYA SUDAH BELI ALBUM BARU ADELE! 
                                            25!!                                                 

sorak sorai bergembira
bergembira semua

oke. sekian euphorianya. sebenarnya ini juga agak memalukan, karena udah beeertahun-tahun aku nge fans sama adele tapi baru sekali beli albumnya :(

seberkas ke fangirlingan beberapa tahun yang lalu

perasaan berdosa dan penasaran inilah yang akhirnya membuat aku ter-encourage maksimal untuk beli album barunya. secara, aku sangat-sangat-sangat kangen Adele menemani hari-hariku seperti waktu dulu :') terimakasih buat seorang kakak tingkatku yang udah ngajarin aku cara beli album di itunes. all hail people with technologies!

sebelum aku ngomong kurang terstruktur saking bahagianya, aku pengen menjabarkan dulu kondisi yang terjadi saat ini.
jadi ceritanya, Adele udah menghilang sekitar..3 tahun lamanya. album terakhir sebelum ke-hilang-annya (?) saat itu adalah 21, dengan hits super "Someone Like You" dan "Rolling in the Deep" yang berhasil membuatnya menyabet 6 grammy sekaligus di tahun 2012. trus sebelum menghilang 'banget', Adele sempet muncul untuk menyumbangkan soundtrack maha-bikin-merinding, Skyfall. lagi, Skyfall juga menang grammy di tahun 2014 dalam nominasi Best Song Written for Visual Media. jago lah Adele pokoknya.

dengan prestasi yang sedemikian rupa, tentu kita ngerasa bingung kenapa dia menghilang. apalagi aku dan kaum daydreamer (fanclub Adele) yang sudah kehilangan Tuhan, eh, idola. setahuku, alasan utamanya adalah karena ia mau fokus ngurus anaknya dulu. ada yang bilang sakit di pita suaranya kambuh lagi, dan kabar-kabar burung lainnya. beritanya ga ada yang jelas karna...Adele nya emang hilang :') 

aku udah desperate banget. bener-bener kehilangan kiblat musik. aku ngedenger semua genre, tapi ga ada yang bikin aku hapal sampe ke tarikan-tarikan napasnya seperti aku ke lagu-lagu Adele. sering banget terdengar berita tentang Adele bikin album baru..tapi PHP mulu berkali-kali. aku udah ga mau nungguin lagi sampai akhirnya November ini..25 rilis.

udah, gitu aja. bahagia? bangetlah. thank you for coming back, queen!

--------

sekian cerita dari saya. selanjutnya kita ke topik utama, aku mau nge review album barunya Adele!




cover album 25


Adele : 25
Released 20 November 2015
Recorded 2013–15
Genre
Pop soul folk R&B
Length 48:25
Label XL

Track list:
1. "Hello"  4:55
2. "Send My Love (To Your New Lover)" 3:43
3. "I Miss You"   5:49
4. "When We Were Young" 4:51
5. "Remedy"  4:05
6. "Water Under the Bridge"  4:00
7. "River Lea" 3:45
8. "Love in the Dark"  4:46
9. "Million Years Ago"  3:47
10. "All I Ask"  4:32
11. "Sweetest Devotion" 4:12
Total length:
48:25

bagus nggak sih album barunya? sebagus yang dulu nggak?

yah, pertanyaan diatas itu udah kayak Frequently Asked Question ke aku setelah aku beli albumnya.

okay, let me tell you what I think about this album.

bagus nggak sih album barunya?
terlalu sulit untuk aku menjawabnya dengan tidak secara subjektif (because I love Adele no matter what happen), tapi jujur, ya. album ini BAGUS BANGET. kenapa aku bisa bilang bagus?

dari segi penyajiannya, album ini sangat berhasil buat bikin kesan "come back" di Adele. seperti yang kita ketahui, single pertama dari album ini adalah lagu bertajuk "Hello" yang udah merajai billboard dan chart itunes. "Hello, it's me.", ujar Adele mengawali lagu itu. walaupun lagunya bikin susah move on dari mantan, tapi menurutku sangat representatif buat comeback-nya dia. hal ini juga didukung dengan "Hello" sebagai track pertama di album 25 ini. Hello from the other side, Adele!


duh, duh

dari segi suaranya dan kualitas lagunya, aku bener-bener acungin jempol. mungkin selama menghilang, Adele latihan vokal kali ya. kerasa banget kalo range vokalnya udah melebar. suaranya udah makin bagus sekarang. padahal di lagu-lagunya yang dulu, aku masih bisa nyanyiin pake suara alto. sekarang, aku bingung gimana cara nyanyiin lagunya :') susah breh. 

di album ini, Adele juga banyak ngelakuin eksplorasi di suaranya. seperti teriakan 'rocker' nya di lagu When We Were Young atau nyanyian genit di lagu Send My Love (To Your New Lover). 
genre yang dia nyanyiin juga udah macem-macem banget di album ini. di album sebelumnya, 21, lagunya mooostly pop ballad. ballad banget. sekarang udah macem-macem, walaupun masih didominasi pop ballad. aku juga kurang paham nama-nama genre musik sih, tapi coba kalian dengerin Sweetest Devotion, Water Under the Bridge dan yang udah aku bilang tadi, Send My Love (To Your New Lover). kalian bakal mikir "wah, Adele nyanyi lagu ginian?". 

untuk kualitas musik secara keseluruhan, tentu 25 lebih unggul dari album-album sebelumnya. lagu-lagu di album ini kerasa banget udah diracik dengan teknologi-teknologi tinggi sehingga bikin baper. top lah pokoknya.

lebih keren dari album sebelumnya nggak?

album sebelumnya, 21
aku sendiri nggak bisa bilang kalau album ini perfect. kenapa? karena terlalu banyak perubahan yang terjadi. wajar, menurutku. selang bertahun-tahun dari satu album dan album berikutnya, tentu berdampak besar di impression kita ke lagu-lagu dia. deep inside my heart, I'm losing the 'Adele' I know. sebagus-bagusnya album ini, aku nggak bisa bilang ini album terbaiknya. menurutku, album terbaiknya adalah 21. di 21, Adele bener-bener nyiptain genre 'Adele' dan tetap ngikutin zaman. beda pada album 19 (album sebelum 21. single : Chasing Pavements) yang disana orisinalitas Adele tinggi banget tapi juga banyak lagu yang nggak bisa diterima masyarakat karna nggak sesuai sama pasar musik yang ada. jadi, jawabannya adalah, sorry to say, no :')

lagu apa yang paling recommended di albumnya?
sebenernya ini juga tergantung, karna lagunya Adele tuh 'feeling' banget. apalagi tema yang disajikan di album ini masih sama, tentang cinta. kalo pas sama cerita hidup kamu, lagunya Adele udah jadi soundtrack hidup kamu deh. makanya banyak meme-meme yang beredar kalau lagu Adele itu bikin nangis, bikin baper, dan lainnya.

ho'oh. iya.

dari beberapa hari aku dengerin terus albumnya, lagu yang aku rekomendasiin adalah :

1. When We Were Young (apalagi versi live nya)
2. All I Ask
3. Water Under The Bridge

tips : lagu-lagu Adele lebih enak didenger versi live nya. see how she sings. merindings.

dan ternyata aku dengerin lagi albumnya, ada juga lagu yang aku kurang suka :( mungkin kalian bisa coba denger juga lagu Million Years Ago. menurutku lagunya mirip lagu daerah Sumatera Barat, Ayam Den Lapeh :( tapi, makna lagunya bagus banget. liriknya termasuk yang terbaik deh dari lagu-lagunya yang lain. agak disayangkan aja lagu yang menceritakan tentang penyesalan hidup ini cuma disajikan begitu saja. bahkan ada rumor kalo itu lagu plagiat! hmm..gimana ya..


sumber : http://creativedisc.com/2015/12/adele-dituduh-memplagiat-lagu-turki-untuk-million-years-ago/



Beli albumnya worth it nggak?
absolutely worth it! kalian nggak akan nyesel deh belinya. albumnya tetap berhasil kok, untuk mengobati kerinduan kita pada karya-karya fenomenal Adele sebelumnya. albumnya udah available dari kemarin di itunes dan katanya bakal rilis di Indonesia tanggal 10 Desember ini. jangan beli/download yang bajakan yaaa~


okaaayy! sekian review albumnya Adele dari aku. let me know what you think about this album. see ya next post!


pic source :
https://en.wikipedia.org/wiki/25_(Adele_album)
https://en.wikipedia.org/wiki/21_(Adele_album)
https://imgflip.com/tag/adele?page=2
http://www.vulture.com/2015/11/adeles-hello-debuts-at-no-1-with-1-million-downloads.html
http://www.digitalspy.com/music/feature/a665862/adeles-new-album-25-everything-you-need-to-know-from-release-date-to-collaborations/
koleksi pribadi

Comments

  1. terima kasih. artikelnya sangat bagus.

    Visit my link to st3telkom.ac.id

    ReplyDelete
  2. thanks for the information..
    pleace, visit back to st3telkom.ac.id

    ReplyDelete
  3. halo! i'm not a big fan of her but i really like this album sooo much. kalau boleh tau beli physical albumnya untuk di indonesia di mana ya? soalnya toko kaset/cd di kawasan rumah aku pada tutup :( sedih padahal pengen banget beli

    ReplyDelete

Post a Comment

jangan lupa kasi komen yaa kakaaaa :3

Popular posts from this blog

roman picisan

don't judge me if you don't know me

kepada mimpi.