Self-Esteem

23.12 20/04/2019

Hai, para kolega. Mataku berat, aku ngantuk. Sepertinya aku akan cepat.

Tiga hari ini di klaim sebagai libur panjang. Oleh karena itu banyak pegawai-pegawai kantoran yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berlibur dan/atau bertemu keluarga, pergi ke luar kota. Tapi, liburan yang aku pilih adalah ansos maksimal di kosan. And i love it so much.

Hari ini mungkin hari ter-ansos ku selama 2 bulan terakhir. Bener-bener di kosan doang, kecuali  ke warung buat beli aqua 1.5L dan es jeruk buat ibu depan kosan. Aku yang 3xtr0verT ini kan tida tahan di kosan saja. But I did it. Bertahan dengan 4 donut j.co, french fries burger king size reguler dan mie ayam. I should give myself a medal.

Jadi aku ngapain seharian ini? Hari ini aku mencoba mengulangi masa-masa kejayaanku berkarya. Bikin cover, editing, nulis dll. Hari ini aku mengupload cover baru, judulnya 'lovely' dari Billie Eilish. Aku lagi suka-sukanya sama Billie Eilish. Harap maklum.

Aku mau cerita sedikit tentang bagaimana aku akhirnya nge upload cover ini. Aku udah suka banget sama lagu ini sejak beberapa minggu lalu, jadi aku pengen nge cover aja gitu. Aku mulai ngerjain covernya sekitar jam 10 pagi. Ternyata,  gila, susah banget lagunya. Kaco. Ulang take, take lagi, take lagi. Tenggorokan gatel gara-gara french fries. Suara azan. Suara jualan tahu. Suara orang buka pagar. Most common problem : fals! Hadeh, it's too much. But I keep doing it.

Akhirnya berjam-jam, diselingi dengan youtube-an, cover itu kelar sekitar jam 5. Editingnya juga masyaallah lamanya. Untung aku menikmati untuk ngerjain itu semua. Yang bikin lama adalah karena aku udah lama ngga ngedit dll, aku udah kagok dan banyak step yang udah jadi, diulang lagi, diulang lagi. Takes time and effort banget ternyata. Tapi yasudah, jalanlah itu project pribadi apa adanya.

Sekitar jam 7 aku sudah selesain semua dan bisa untuk upload. Kalian pernah ngga sih, ngerasa bias akan sesuatu yang kalian ulang-ulang baca/dengar? Ternyata, itu yang aku rasain selama ngerjain cover tadi. Aku ngerasa everything is fine, bagus-bagus aja, karena aku dengerin berulang-ulang. Sampe akhirnya jam 7 aku mau upload, aku dengerin lagi itu cover. GILA JELEK BANGET, pikirku.

Waduh, gimana ini. Aku udah ngabisin waktu dan tenaga buat ngerjainnya, masa ga jadi di upload. Dengan penuh pertimbangan, aku ngga enak sama diri aku sendiri (?), akhirnya aku nge upload. Bener aja, aku rada insecure. Kenapa aku upload suatu yang jelek? Pasti gaada yang suka ni. Pasti pada pengen ngehujat nih.

Honestly, aku emang bisa nyanyi, tapi suaraku ngga merdu. I love to sing, tapi tipe suaraku ini...hmm..gimana yah. Ngebass tanggung, range vocal nya sempit, napas pendek. Jadi, untuk suara perempuan ini kurang merdu, untuk suara laki-laki juga ngga cocok. Jadi aku paham ketika suaraku itu bisa kedengeran jelek banget di lagu-lagu tertentu, apalagi kalo recording. Tapi aku seneng nyanyi. Jadi gimana yah. Susah juga.

Aku juga beberapa kali tampil untuk nyanyi di panggung. Sejak sekolah aku juga udah suka manggung. But maybe it's because i love being on stage, and i love to sing! I know I don't sounds good, but I love it. Sering, sering banget ada insiden aku fals parah di panggung. I even remember my worst stage.

Tapi kenapa aku tetep ngeupload cover/manggung? Simply because I want to raise my self esteem, and appreciate my willingness to do what I love. Ketika aku maju buat manggung, aku ngga ngelakuinnya karena aku ingin menghibur orang, tapi aku pengen bilang ke diri aku " hayo, berani nggak kamu maju walaupun kamu tahu kamu bakal (bisa jadi kelihatan) jelek? ". Ketika aku sudah turun dari panggung, penampilanku berantakan, tapi aku tetap senang. " wah, ternyata aku berani. " pikirku. Self esteem meningkat. Maka, misi berhasil.


when d-day after my worst stage

Pada akhirnya, yang mau aku bilang adalah, do things for your own sake. Lakukan apapun yang kamu lakukan demi diri kamu sendiri. Bukan demi tuk siapapun juga. Cukup mencoba untuk jadi lebih hebat.

Dragon screamer why I do why I do ho!

Comments

Popular posts from this blog

don't judge me if you don't know me

Interpretasi puisi : Aku Ingin, karya Sapardi Djoko Damono

roman picisan